tugas tkj

Diposting oleh Rahmat Syahar
Jumat, 12 September 2008

GEJALA GEJALA PADA CD -RW

Pada saat Anda mencoba membakar data ke sebuah pengandar CD-R (Compact Disc Recordable) atau pengandar CD-RW (Compact Disc Rewritable), mungkin Anda tidak memiliki opsi untuk mengirim data ke pengandar CD-ROM.Pada saat Anda melihat properti dari pengandar CD-R atau pengandar CD-RW, Anda mungkin melihat bahwa tab Perekaman tidak muncul pada kotak dialog Properti Pengandar CD (pengandar_letter:) , di mana pengandar_letter merupakan huruf pengandar CD-R atau pengandar CD-RW.Catatan Untuk melihat kotak dialog Properti Pengandar CD (pengandar_letter:) , klik Mulai, klik Komputer Saya, klik kanan pengandar CD-R atau pengandar CD-RW yang Anda inginkan, kemudian klik Properti pada menu jalan pintas.


PENYEBAB

Masalah ini muncul pada saat terjadi salah deteksi pengandar dan dianggap sebagai perangkat yang tidak dapat merekam.

PEMECAHAN MASALAH

Untuk menyelesaikan permasalahan ini, edit registri Microsoft Windows untuk mengenali pengandar CD-R atau pengandar CD-RW sebagai sebuah pengandar yang dapat merekam. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah ini.PERINGATAN: Jika Anda menggunakan Editor Registri secara tidak benar, akibatnya bisa sangat serius yang dapat membuat Anda harus menginstal ulang sistem operasi Anda. Microsoft tidak dapat menjamin bahwa Anda dapat menyelesaikan masalah yang bermula dari menggunakan Editor Registri dengan tidak benar. Jika Anda menggunakan Registry Editor, resiko Anda tanggung sendiri.
1. Klik Mulai, kemudian klik Jalankan.
2. Pada kotak Buka, ketik regedit, kemudian klik OK.

3. Rentangkan subkunci registri berikut ini:
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\CD Burning\Pengandars
4. Pada menu Berkas, klik Ekspor.

5.Pada kotak Berkas name, ketik Cadangan Kunci Pengandar, kemudian klik Sim cadangan dari pengandar berkas key.reg yang Anda simpanpan.Catatan Anda dapat menyimpan subkunci registri dengan meng-klik dua kali .
6.Pada sisi sebelah kanan Editor Registri, klik map Volume{GUID} di bawah Pengandars, di mana GUID merupakan penentu khas secara umum 32-karakter heksadesimal.Catatan Jika Anda memiliki lebih dari satu pengandar CD-ROM pada komputer, sebuah map tambahan Volume{GUID} didaftarkan untuk masing-masing pengandar.
7. Pada sisi bagian kanan Editor Registri, klik dua kali Jenis Pengandar.
8. Pada kotak Data nilai, ketik 1 atau 2, tergantung dari jenis pengandar, kemudian klik OK. Jenis pengandar sebaiknya 1 jika merupakan sebuah CD-R dan 2 jika merupakan sebuah CD-RW.
9. Keluar dari Editor Registri.
10. Klik Mulai, kemudian klik Komputer Saya.
11. Di bawah Perangkat dengan Penyimpan Dapat Dipindah, klik dua kali pada pengandar CD-R atau pengandar CD-RW, kemudian klik Properti pada menu jalan pintas.
12. Apabila tab Perekaman muncul, artinya Windows menganggap pengandar sebagai perangkat yang dapat merekam.

13. Klik Batal.Catatan Jika Anda memiliki lebih dari satu pengandar CD-ROM, pengandar DVD-ROM, atau pengandar CD-RW pada komputer dan tab Perekaman tidak muncul, mungkin pengandar telah dikonfigurasi secara tidak benar sebagai registri "dapat direkam" pada Windows. Untuk memecahkan masalah ini, ikuti langkah-langkah ini:

a. Ikuti langkah-langkah 1 sampai 9 untuk mengedit nilai Jenis Pengandar pada map Volume{GUID} yang nilai sebelumnya Anda ubah.

b. Pada kotak Data nilai, ketik 3, kemudian klik OK. Nilai jenis pengandar 3 menunjukkan bahwa pengandar tersebut merupakanCD- ROM standar yang tidak dapat menulis.
c. Pada jendela sebelah kiri Editor Registri, klik map Volume{GUID} berikutnya.

d. Ikuti langkah-langkah 7 dan 8 untuk mengubah entri Data nilai ke 1 atau 2, tergantung dari jenis pengandar.
e. Keluar dari Editor Registri, kemudian ikuti langkah-langkah 10 hingga 12 untuk mengkonfirmasi bahwa tab Perekaman muncul pada kotak dialog properti pada pengandar CD-R atau pengandar CD-RW.

Blogger Template New Plus Blue

Designed by : Edo Pranata XML Coded by : Edo Pranata